Rancang Bangun Sistem E-Commerce Marketplace Gypsum Berbasis Cloud Computing

  • I Gusti Ngurah Wira Dharma Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Made Sukarsa Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Ni Putu Sutramiani Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Perusahaan gypsum merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan, pendistribusian dan pemasangan platfon berbahan gypsum. Penjualan yang diterapkan masih terbilang konvensional sehingga kurang efektif untuk dijalankan karena banyaknya persaingan yang mengarah ke dunia digital, sehingga perlu dibuatkannya sistem e-commerce gypsum. Sistem e-commerce gypsum menerapkan sistem marketplace untuk dapat memberikan kemudahan konsumen dalam melakukan transaksi jual beli produk. Sistem e-commerce marketplace gypsum yang dibuat terdiri dari banyak penjual, serta penggunaan cloud computing untuk mempermudah pengaksesan data secara bersama-sama tanpa harus meng-instal aplikasi. Sistem e-commerce gypsum ini mengunakan API Google Maps untuk perhitungan jarak pengiriman produk, dan pembeli dapat melihat track record perusahaan dari rating setiap perusahaan. Rating diberikan oleh pembeli terhadap pelayanan (pengiriman barang, service, pemasangan) yang di berikan oleh perusahaan gypsum. Sistem informasi penjualan gypsum sudah berjalan dengan baik, dari aspek antarmuka maupun dari kesesuaian fitur. Pengujian kepada 20 responden memberikan penilaian sangat baik dan baik sebesar 80% dari aspek antarmuka, sedangkan dari aspek kesesuaian fitur responden memberikan penilaian sangat baik dan baik sebesar 86,26%.


Kata Kunci: E-commerce, Cloud Computing, Marketplace, Google Maps

Published
2019-04-01
How to Cite
GUSTI NGURAH WIRA DHARMA, I; MADE SUKARSA, I; PUTU SUTRAMIANI, Ni. Rancang Bangun Sistem E-Commerce Marketplace Gypsum Berbasis Cloud Computing. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 37-48, apr. 2019. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/48906>. Date accessed: 08 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2019.v07.i01.p05.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.