Pengembangan Metode Pendeteksi Modifikasi Citra Menggunakan Metode Error Level Analysis

  • I Gede Nengah Bayu Darmawan Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Gusti Made Arya Sasmita Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Putu Wira Buana Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Modifikasi citra adalah proses manipulasi pada sebagian atau seluruh daerah citra dengan bantuan teknik pemrosesan citra digital. Pemalsuan citra pada umumnya sulit untuk dianalisa secara kasat mata karena citra hasil dari proses modifikasi citra sulit untuk dibedakan secara kasat mata. Metode Error level analysis (ELA) adalah sebuah metode untuk mendekteksi modifikasi citra dengan menyimpan ulang citra pada level kualitas tertentu, dalam hal ini melakukan kompresi citra dan kemudian melakukan perhitungan terhadap perbedaan pada level kompresi citra. Aplikasi yang dibuat memiliki dua proses utama yaitu filter citra dan analisis nilai Error Level Analysis pada hasil citra filter. Fungsi filter pada aplikasi yang dibuat bertujuan untuk menguji kemampuan metode ELA dalam mendeteksi modifikasi citra dengan cara menganalisis citra hasil proses filter yang dilakukan oleh pengguna aplikasi. Fungsi analisis nilai ELA dilakukan untuk mengetahui jumlah atau nilai persentase nilai ELA pada citra hasil filter, dimana nantinya aplikasi melalui rentan persentase nilai ELA yang didapatkan melalui analisa uji coba yang dilakukan, maka didapatkan rentan nilai persentase sebagai dasar menentukani citra modifikasi dengan menggunakan metode ELA.


Kata Kunci: Digital Image Forensic, Modifikasi Citra, Error Level Analysis (ELA), Android

Published
2019-04-01
How to Cite
GEDE NENGAH BAYU DARMAWAN, I; MADE ARYA SASMITA, Gusti; WIRA BUANA, Putu. Pengembangan Metode Pendeteksi Modifikasi Citra Menggunakan Metode Error Level Analysis. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 29-36, apr. 2019. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/48905>. Date accessed: 28 feb. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2019.v07.i01.p04.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.