Penerapan Web Speech API pada Game Catur Berbasis Suara

  • I Gede Hendra Parwata Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Ketut Gede Darma Putra Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Ni Putu Sutramiani Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Catur adalah sebuah permainan strategi papan yang dimainkan pada petak 8x8. Catur awalnya dimainkan langsung secara manual oleh dua orang pemain (manusia), namun sekarang permainan sudah bisa dilakukan secara digital antara manusia melawan komputer (AI). Komputer catur saat ini bahkan sudah bisa mengungguli juara dunia catur, namun pengembangan teknologi catur masih terus terfokus untuk menciptakan AI yang semakin cerdas. Aplikasi yang dikembangkan pada penelitian ini berfokus pada teknologi input dari aplikasi catur yang sudah ada, yang mana memungkinkan pengguna untuk memindahkan bidak pada permainan digital hanya dengan menggunakan perintah suara baik dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan memanfaatkan Web Speech API. Pengguna dapat menggunakan perintah suara pada permainan melawan AI atau secara online antar pengguna. Perintah yang digunakan bisa berupa notasi catur baku atau kalimat biasa, misalnya “Gxe5” atau “Gajah makan pion” sesuai dengan kemungkinan langkah yang tersedia.


Kata kunci: speech to text, web speech API, chess, AI, web worker

Published
2019-04-01
How to Cite
GEDE HENDRA PARWATA, I; KETUT GEDE DARMA PUTRA, I; PUTU SUTRAMIANI, Ni. Penerapan Web Speech API pada Game Catur Berbasis Suara. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 21-28, apr. 2019. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/48903>. Date accessed: 25 feb. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2019.v07.i01.p03.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.