Desain Saklar Otomatis Untuk Kontrol Peralatan Listrik di Bangunan

  • Gusti Agung Ayu Putri Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Ni Made Ika Marini Mandenni Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Pemakaian peralatan listrik di gedung sudah menjadi kebutuhan primer. Sangat sulit untuk menemukan sebuah gedung tanpa ada peralatan listrik didalamnya. Saklar adalah antarmuka yang digunakan untuk on/off peralatan listrik. Model saklar yang telah dikembangkan cukup banyak, mulai dari model saklar manual sampai dengan saklar yang bisa dikontrol dari jarak jauh. Penelitian ini mencoba untuk mengembangkan sebuah model saklar yang ditanamkan pada gedung. Hal ini membuat gedung mampu untuk melakukan kontrol peralatan listrik secara aktif. Gedung hanya mengaktifkan peralatan listrik bila ada penghuni yang beraktifitas disana. Sebuah simulasi berbasis mikrokontroler Arduino Mega 2560 dibuat untuk pengujian tahap awal model saklar yang didesain. Hasil pengujian menunjukkan model saklar otomatis mampu untuk mengendalikan peralatan listrik secara otomatis berdasarkan deteksi terhadap lingkungan dunia nyata sistem kelistrikan di bangunan.


Kata kunci : smart building, saklar otomatis, mikrokontroler arduino mega 2560

Published
2019-04-01
How to Cite
AGUNG AYU PUTRI, Gusti; MADE IKA MARINI MANDENNI, Ni. Desain Saklar Otomatis Untuk Kontrol Peralatan Listrik di Bangunan. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 12-20, apr. 2019. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/48902>. Date accessed: 28 feb. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2019.v07.i01.p02.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.