Mengetahui Tingkat Kematangan Aplikasi pada Start up IT Menggunakan Metode CMMI dan TMMi

  • Desak Made Novita Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Made Sukarsa Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Ketut Adi Purnawan Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Perkembangan teknologi informasi menyebabkan perusahaan atau organisasi mengembangkan perangkat lunak secara terus menerus. Salah satunya start up IT yang memperhatikan produk yang dibuat sehingga sesuai dengan kebutuhan pengguna. Proses pembuatan serta proses pengujian menjadi hal penting dalam melakukan pengembangan sistem. CMMI dan TMMi merupakan solusi untuk dapat mengetahui tingkat kematangan dari proses yang telah dilakukan. Penelitian dilakukan pada 11 kelompok start up IT dengan wawancara serta penyebaran kuesioner. Pengukuran terhadap tingkat kematangan mendapatkan hasil yang berbeda antara CMMI dan TMMi. Tingkat kematangan dengan menggunakan CMMI menghasilkan level 2 (Managed) sedangkan dengan TMMi menghasilkan 6 team mendapat level 3, 3 team berada pada level 2 dan 2 team berada pada level 1.


Kata Kunci: Audit TI, Metode CMMI, Metode TMMi, Start up IT, Tingkat Kematangan

Published
2019-04-01
How to Cite
MADE NOVITA, Desak; MADE SUKARSA, I; KETUT ADI PURNAWAN, I. Mengetahui Tingkat Kematangan Aplikasi pada Start up IT Menggunakan Metode CMMI dan TMMi. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 1-11, apr. 2019. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/48901>. Date accessed: 24 feb. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2019.v07.i01.p01.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.