Rancang Bangun Game Android I Siap Selem Bergenre Puzzle Games
Abstract
Cerita rakyat merupakan cerita yang bersumber dari masyarakat serta tumbuh berkembang dalam masyarakat sejak masa lampau. Cerita rakyat di Bali merupakan cerita turun menurun yang memiliki nilai budaya dan pesan moral. Perkembangan teknologi yang cepat menyebabkan Cerita Rakyat Bali yang masih menggunakan media buku mulai ditinggalkan. Media baru dibuat pada penelitian ini untuk menceritakan kembali cerita rakyat dengan memanfaatkan teknologi game. Cerita Rakyat Bali yang diangkat yaitu I Siap Selem. Game I Siap Selem dikembangkan berbasis Android bergenre puzzle games. Hasil pengujian kepada 30 siswa yaitu 100% dari kelompok siswa mengetahui isi cerita dan pesan moral dari Cerita Rakyat Bali I Siap Selem setelah memainkan game, dimana sebelumnya 80% siswa tidak mengetahuinya. Game I Siap Selem dapat digunakan untuk melestarikan Cerita Rakyat Bali melalui game berdasarkan hasil pengujian.
Kata Kunci: Android, Cerita Rakyat Bali, I Siap Selem, Puzzle Game