Aplikasi Deteksi Tumpahan Minyak dengan Interpretasi Citra Satelit Landsat 8

  • Veranita Lamrotua Sihombing Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Dewa Nyoman Nurweda Putra Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Gusti Made Arya Sasmita Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Tumpahan minyak akibat kebocoran pipa pada tahun 2015 menyebarkan minyak di sepanjang perairan cilacap dan menyebabkan tercemarnya perairan cilacap yang mengancam kelangsungan biota hidup di sekitarnya. Tumpahan minyak berhasil dideteksi oleh satelit Landsat 8 dan melalui sistem penginderaan jauh dapat diketahui persebaran tumpahan minyak untuk mempermudah proses penanggulangan dengan memperhitungkan Oil Spill Dispersant yang dibutuhkan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah aplikasi penginderaan jauh untuk menghitung luas persebaran tumpahan minyak dengan menerima input berupa data citra Landsat 8 dan metadata. Pengolahan citra menggunakan dua algoritma untuk membandingkan perbedaan hasil visualisasi yang di tampilkan. Algoritma yang digunakan adalah algoritma Thresholding dan Oil Spill Index. Aplikasi bekerja secara otomatis melakukan pengolahan citra untuk menghasilkan visualisasi dan persebaran tumpahan minyak.


Kata Kunci : Oil Spill Index, Algoritma Thresholding, Tumpahan Minyak

Published
2018-12-03
How to Cite
LAMROTUA SIHOMBING, Veranita; NURWEDA PUTRA, I Dewa Nyoman; ARYA SASMITA, Gusti Made. Aplikasi Deteksi Tumpahan Minyak dengan Interpretasi Citra Satelit Landsat 8. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 244-251, dec. 2018. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/45484>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2018.v06.i03.p11.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.