Aplikasi Optimalisasi Pengiriman Barang Menggunakan Metode Tabu Search Berbasis Web

  • Putu Irvan Arya Purwadana Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Dwi Putra Githa Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Desy Purnami Singgih Putri Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Tujuan pengiriman barang adalah menyampaikan barang dalam kondisi yang baik dan cepat. Pengiriman barang berjalan efisien apabila memperhatikan faktor pengiriman barang yaitu, wilayah dan muatan. Masalah pengiriman barang yang biasanya terjadi yaitu pengiriman dilakukan secara acak dan barang yang dikirim tidak sesuai kapasitas kendaraan. Masalah tersebut menjadi latar belakang pembuatan aplikasi optimalisasi pengiriman barang. Aplikasi optimalisasi pengiriman barang bertujuan untuk mencari rute pengiriman barang yang optimal tidak hanya berdasarkan jarak tapi juga muatan. Metode Tabu Search digunakan pada aplikasi optimalisasi pengiriman barang untuk mencari rute pengiriman terbaik dari beberapa alternatif rute yang terbentuk. Aplikasi optimalisasi pengiriman barang memanfaatkan Google Maps untuk mendapatkan jarak pengiriman dan visualisasi rute pengiriman. Hasil dari aplikasi optimalisasi pengiriman barang yaitu menentukan barang yang dikirim oleh kendaraan, rute pengiriman barang yang optimal dan visualisasi rute dalam bentuk maps.


Kata Kunci: Pengiriman Barang, CVRP, Metode Tabu Search.

Published
2018-12-03
How to Cite
IRVAN ARYA PURWADANA, Putu; PUTRA GITHA, Dwi; PURNAMI SINGGIH PUTRI, Desy. Aplikasi Optimalisasi Pengiriman Barang Menggunakan Metode Tabu Search Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 234-243, dec. 2018. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/45483>. Date accessed: 07 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2018.v06.i03.p10.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.