Sistem Penjemur Pakaian Otomatis Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Android

  • Putri Isma Oktawiani Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Ketut Gede Darma Putra Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Kadek Suar Wibawa Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Perubahan cuaca yang terjadi di Indonesia salah satunya disebabkan oleh pemanasan global. Dampak dari perubahan cuaca salah satunya dalam hal menjemur pakaian. Kekhawatiran tersebut bertambah ketika rumah dalam keadaan kosong, sedangkan jemuran yang digunakan untuk mengeringkan pakaian basah berada di luar rumah. Proses penjemuran pakaian yang bersifat manual membuat pengeringan pakaian menjadi tidak berguna ketika hujan turun. Proses penjemuran yang bersifat manual diperbarui dengan sentuhan teknologi Internet of Things guna mengoptimalkan proses penjemuran pakaian. Kelebihan teknologi Internet of Things yang diterapkan pada sistem penjemur pakaian menggunakan Raspberry Pi dipadukan dengan teknologi berbasis android. Sistem dilengkapi dengan stepper motor yang dapat memasukkan dan mengeluarkan pakaian sesuai dengan kondisi yang diterima oleh sensor. Fitur pada android dimanfaatkan sebagai media dalam melakukan controlling dan monitoring terhadap sistem penjemur pakaian. Sistem dilengkapi informasi cuaca yang memudahkan pengguna mengetahui kondisi cuaca terkini. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa sistem controlling dan monitoring dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi android.


Kata kunci: Internet of Things, Jemuran Pakaian, Raspberry Pi, Android

Published
2018-12-03
How to Cite
ISMA OKTAWIANI, Putri; DARMA PUTRA, I Ketut Gede; SUAR WIBAWA, Kadek. Sistem Penjemur Pakaian Otomatis Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 225-233, dec. 2018. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/45481>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2018.v06.i03.p09.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.