Aplikasi Pencarian dan Penyewaan Rumah Kost Berbasis Web dan Android

  • Joysun Agape Sianturi Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Nyoman Piarsa Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Ketut Adi Purnawan Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Kebutuhan rumah tinggal sementara seperti rumah kost yang semakin meningkat berbanding lurus dengan peningkatan pertumbuhan urbanisasi oleh pekerja di Indonesia. Pekerja yang mendapatkan pekerjaan di luar daerah harus mencari rumah kost pada area lokasi bekerja. Pencarian rumah kost yang ada pada masyarakat masih melakukan pencarian sederhana seperti datang ke lokasi untuk melihat langsung rumah kost. Pencarian dengan cara sederhada tersebut menyulitkan pencari melakukan pembandingan harga sewa, dan fasilitas karena harus datang ke lokasi rumah kost secara langsung. Permasalahan dalam mencari rumah kost tersenbut mendorong pembuatan aplikasi pencarian dan penyewaan rumah kost berbasis Web dan mobile Android dengan menggunakan metode penelitian terapan dengan diagram fishbone untuk menganalisis kebutuhan pencari dan pemilik rumah kost. Pencari terbantu dalam melakukan pencarian dan penyewaan rumah kost yang diinginkan dan pemilik terbantu dalam melakukan promosi rumah kost.


Kata kunci: Pencarian, Penyewaan, Rumah Kost, Website, Android

Published
2018-12-03
How to Cite
AGAPE SIANTURI, Joysun; PIARSA, I Nyoman; ADI PURNAWAN, I Ketut. Aplikasi Pencarian dan Penyewaan Rumah Kost Berbasis Web dan Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 192-203, dec. 2018. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/45478>. Date accessed: 07 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2018.v06.i03.p06.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.