Aplikasi Augmented Reality Dinamis Pengenalan Huruf Kanji (AR-Kanji) Berbasis Android

  • Ida Bagus Nyoman Yoga Ligia Prapta Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Ketut Gede Darma Putra Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Made Agus Dwi Suarjaya Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Huruf Kanji bagi pembelajar bahasa Jepang dirasa paling sulit untuk dipelajari karena Kanji memiliki karakteristik yang unik. Setiap karakteristik Kanji memiliki jumlah lebih dari satu, sehingga sulit untuk dihapal. Aplikasi Augmented Reality Kanji dibuat untuk mengatasi kesulitan pembelajar bahasa Jepang dalam mengenal atau mempelajari huruf Kanji. Augmented Reality merupakan teknologi penggabungan objek virtual dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata secara real-time. Penelitian ini menggunakan software utama Unity 3D dan Web server Library Vuforia dengan Bahasa pemrograman C#. Aplikasi AR Kanji ini dibuat melalui beberapa tahapan proses yaitu memperoleh informasi kebutuhan sistem, perancangan dan dilanjutkan dengan tahapan implementasi. Hasil yang didapat yaitu image-target dari masing-masing huruf Kanji dan aplikasi AR Kanji berbasis Android. Pengujian aplikasi AR Kanji menunjukan, aplikasi dapat menampilkan setiap informasi beserta audio dari masing-masing huruf Kanji yang di-tracking dengan kondisi cahaya yang baik dan dapat digunakan sesuai fungsinya pada perangkat smartphone dengan spesifikasi yang berbeda. Tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi AR Kanji menunjukkan angka 85%.


Kata Kunci: Augmented Reality, Huruf Kanji, Unity 3D, Android

Published
2018-12-03
How to Cite
YOGA LIGIA PRAPTA, Ida Bagus Nyoman; DARMA PUTRA, I Ketut Gede; AGUS DWI SUARJAYA, I Made. Aplikasi Augmented Reality Dinamis Pengenalan Huruf Kanji (AR-Kanji) Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 185-191, dec. 2018. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/45477>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2018.v06.i03.p05.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.