Penerapan Augmented Reality Video Dinamis dalam Pembelajaran Peredaran Darah Berbasis Android

  • Ida Ayu Putu Wipra Astiti Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Gusti Made Arya Sasmita Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Made Sukarsa Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Peredaran darah merupakan suatu pelajaran penting yang harus diketahui oleh siswa siswi dalam pelajaran biologi. Banyak siswa yang kurang dalam pemahaman saat dijelaskan dengan buku atau alat peraga. Terbatasnya alat peraga dan ketertarikan para siswa untuk belajar mendominasi pemanfaatan alat elektronik sebagai bahan ajar. Teknologi yang semakin canggih dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar mengajar yang menarik. Penerapan teknologi augmented reality dalam pembelajaran peredaran darah menjadi salah satu solusi. Augmented reality video dinamis berbasis android dimanfaatkan untuk membantu minta siswa belajar lebih efektif. Video yang digunakan dapat diambil dari video yang sudah ada ataupun rancangan video animasi sendiri. Aplikasi dikembangkan dengan marker. Fitur yang ditampilkan pada aplikasi memiliki 4 scene, yaitu 3D Statis, Video Dinamis, About dan Exit. Fitur utama aplikasi adalah 3D Statis yang berisi informasi mengenai bentuk jantung dan Fitur Video Dinamis, dimana jika marker di scan akan memunculkan video penjelasan mengenai peredaran darah pada jantung. Hasil dari aplikasi ini yaitu berupa aplikasi yang dijalankan dalam perangkat mobile Android dan dapat memberikan informasi mengenai peredaran darah pada jantung. Kualitas aplikasi menurut penilaian dari responden adalah baik, dengan persentase grafis sebesar 64%, presentase rekayasa perangkat lunak 71% dan presentase entertainment application yaitu 81%.


Kata kunci: peredaran darah, augmented reality, video dinamis, marker, Android

Published
2018-12-03
How to Cite
WIPRA ASTITI, Ida Ayu Putu; ARYA SASMITA, Gusti Made; SUKARSA, Made. Penerapan Augmented Reality Video Dinamis dalam Pembelajaran Peredaran Darah Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 174-184, dec. 2018. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/45476>. Date accessed: 07 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2018.v06.i03.p04.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.