Sistem Pendeteksi Kebakaran Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Android

  • I Wayan Pande Agustiana Putra Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Nyoman Piarsa Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Kadek Suar Wibawa Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Kebakaran adalah salah satu bencana yang sering terjadi di masyarakat dapat mengakibatkan kerugian yang cukup besar jika tidak ditangani dengan cepat. Kasus kebakaran yang sering terjadi menyebabkan dibutuhkan adanya sistem yang mampu mendeteksi adanya kebakaran dan memberikan informasi kepada pengguna dari jarak jauh untuk mengurangi dampak dari kebakaran. Teknologi yang dapat digunakan adalah teknologi Internet of Things yang merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan benda fisik untuk saling berkomunikasi melalui internet. Sistem pendeteksi kebakaran ini menggunakan tiga sensor yang berfungsi untuk mendeteksi adanya api, asap, dan suhu, serta menggunakan Raspberry Pi sebagai mikrokontroler yang berfungsi untuk memproses data masukan dari sensor. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem mampu memberikan informasi melalui aplikasi Android jika terdeteksi adanya api, asap kebakaran, dan suhu ruangan yang cukup tinggi. Sistem juga melakukan pencegahan awal kebakaran dengan memutuskan aliran listrik dan menyemprotkan air ke sumber api.


Kata kunci: Internet of Things, Deteksi Kebakaran, Raspberry Pi, Mikrokontroller, Android.

Published
2018-12-03
How to Cite
PANDE AGUSTIANA PUTRA, I Wayan; PIARSA, I Nyoman; SUAR WIBAWA, Kadek. Sistem Pendeteksi Kebakaran Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 167-173, dec. 2018. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/45475>. Date accessed: 07 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2018.v06.i03.p03.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.