Kontrol Kunci Pintu Rumah Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Android

  • Gede Widya Dharma Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Nyoman Piarsa Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Made Agus Dwi Suarjaya Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Tingkat kejahatan kasus pembobolan rumah terus meningkat, berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Badan Pusat Statistik kasus pembobolan rumah menempati posisi kedua dengan jumlah kasus terbanyak. Perkembangan teknologi memberikan solusi dalam sebuah sistem keamanan yang lebih baik. Berbagai sistem otomatisasi telah dikembangkan, salah satunya tentang penguncian pintu, yang harus memiliki sebuah sistem keamanan yang dapat diandalkan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan sebuah prototype kontrol kunci pintu menggunakan Raspberry Pi berbasis android yang dilengkapi dengan magnetic switch door, solenoid dan alarm. Sistem dilengkapi dengan fitur alarm dan kunci otomatis yang dapat diaktifkan melalui aplikasi android. Fitur alarm akan aktif ketika pintu terbuka pada mode terkunci, sedangkan fitur kunci otomatis akan aktif ketika pintu sudah tertutup beberapa menit. Status pintu sudah terkunci atau belum dapat dilihat pada aplikasi android, serta melakukan penguncian pintu dari jarak jauh. Hasil dari prototype yang dikembangkan yaitu dapat meningkatkan keamanan pada pintu rumah dari tindak kejahatan pembobolan pintu.


Kata kunci: Android, Keamanan, Pintu, Raspberry Pi

Published
2018-12-03
How to Cite
WIDYA DHARMA, Gede; PIARSA, I Nyoman; AGUS DWI SUARJAYA, I Made. Kontrol Kunci Pintu Rumah Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 159-166, dec. 2018. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/45474>. Date accessed: 07 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2018.v06.i03.p02.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.