Audit Keamanan TI Menggunakan Standar ISO/IEC 27002 dengan COBIT 5

  • Altry David Purba Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Ketut Adi Purnawan Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Putu Agus Eka Pratama Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Keamanan teknologi informasi merupakan kebutuhan vital bagi organisasi untuk menjamin kerahasiaan, integritas dan ketersediaan informasi. Salah satu organisasi yang membutuhkan keamanan TI adalah Lembaga X. Lembaga X yang memiliki tugas dan fungsi sebagai penyelenggara sistem informasi, pusat data dan informasi kebencanaan harus mampu menjamin keamanan, kerahasiaan, dan integritas data, juga kinerja sistem harus dikendalikan sehingga dapat berjalan dengan optimal. Audit keamaman TI dilakukan untuk memastikan bahwa keamanan informasi dan pengelolaan data yang diterapkan di Lembaga X sesuai dengan prosedur serta mengetahui tingkat kematangan teknologi informasi yang diterapkan. Standar yang digunakan dalam proses audit adalah ISO/IEC 27002 sebagai kontrol keamanan dan COBIT 5 untuk mengidentifikasi proses bisnis serta tingkat kematangan. Hasil tingkat kematangan TI di lembaga X adalah 2.48 yang masuk ke dalam kategori level 2: Managed Process. Level 2: Managed Process menunjukkan bahwa proses penerapan teknologi informasi telah dijalankan dan diimplementasikan dengan cara yang lebih teratur dan sudah mulai dikendalikan.

Kata Kunci: Audit Keamanan, ISO 27002, COBIT 5, Tingkat Kematangan

Published
2018-12-03
How to Cite
DAVID PURBA, Altry; ADI PURNAWAN, I Ketut; AGUS EKA PRATAMA, I Putu. Audit Keamanan TI Menggunakan Standar ISO/IEC 27002 dengan COBIT 5. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 148-158, dec. 2018. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/45473>. Date accessed: 07 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2018.v06.i03.p01.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.