Sistem Pengawasan Operasional Pada Angkuran Publik Trans SARBAGITA

  • Putu Arya Hening Tryasthana Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Ni Made Ika Marini Mandenni Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Ni Kadek Ayu Wirdiani Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Moda transportasi yang terjadwal dibutuhkan masyarakat, UPT Trans SARBAGITA Dinas Perhubungan Provinsi Bali dituntut untuk meningkatkan kualitas layanan sehingga kegiatan operasional Trans SARBAGITA berjalan secara efektif. Kurang sesuainya interval waktu keberangkatan yang mengakibatkan penumpukan penumpang di halte menjadi tantangan bagi petugas kendali untuk mengatur waktu agar tidak ada lagi penumpukan penumpang pada setiap halte. Kegiatan operasional yang efektif akan terwujud dengan adanya sistem yang dapat mempermudah petugas admin, kendali, pengawas, pramujasa dan pramudi. Sistem pengawasan operasional pada angkutan publik Trans SARBAGITA merupakan sistem yang digunakan untuk proses pengawasan terkait dengan input informasi bus seperti resgistrasi bus, lokasi pos atau halte, data kilometer tempuh operasional, keberadaan, kedatangan, keberangkatan, dan status bus. Hasil input data yang dilakukan memudahkan petugas kendali dalam mengawasi terkait operasional bus Trans SARBAGITA, sehingga kegiatan operasional bus Trans SARBAGITA dilakukan dengan efektif dan dapat mewujudkan moda transportasi publik yang terjadwal lebih baik.



Kata Kunci: Transportasi Publik, Operasional Bus, UPT Trans SARBAGITA, Pengawasan Operasional

Published
2018-08-01
How to Cite
ARYA HENING TRYASTHANA, Putu; IKA MARINI MANDENNI, Ni Made; AYU WIRDIANI, Ni Kadek. Sistem Pengawasan Operasional Pada Angkuran Publik Trans SARBAGITA. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 136-147, aug. 2018. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/45445>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2018.v06.i02.p08.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.