Aplikasi Pengenalan Rumah Adat Indonesia Berbasis Augmented Reality
Abstract
Rumah adat adalah rumah yang memiliki ciri khas bangunan yang melambangkan kebudayaan dari suatu daerah. Keunikan rumah-rumah adat di Indonesia menjadi salah satu materi pembelajaran. Buku-buku yang menjadi media pembelajaran rumah adat memiliki kekurangan berupa terbatasnya tampilan rumah adat secara visual. Penerapan teknologi augmented reality pada media pembelajaran rumah adat bertujuan untuk memberikan informasi yang lebih menarik, naratif, dan informatif. Rumah adat divisualisasikan melalui objek 3-dimensi di dalam aplikasi Android. Aplikasi augmented reality yang dikembangkan bersifat dinamis, sehingga penambahan konten dapat dilakukan tanpa memodifikasi kode program. Aplikasi berhasil memvisualisasikan 6 rumah adat dari 6 provinsi di Indonesia, yaitu rumah adat Provinsi Bali, Papua, Banten, Lampung, Sumatera Barat dan Aceh. Aplikasi memiliki 4 scene yaitu Main Menu, Mulai, Panduan dan Tentang, serta 4 fitur yaitu Info, Rotate, Scale, dan Share. Hasil pengujian menunjukkan aplikasi dapat menampilkan objek 3-dimensi rumah adat dengan melakukan tracking marker pada gambar 2-dimensi.
Kata Kunci: Augmented reality, Dinamis, Rumah Adat, Indonesia