Sistem Informasi Pendistribusian Bahan Makanan dengan Pendekatan E-SCM

  • Gede Bagas Aritama Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Nyoman Piarsa Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Ni Putu Sutramiani Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Bahan makanan atau bahan pangan merupakan sesuatu yang diproduksi atau diperdagangkan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan harga yang rendah hingga tinggi. Jaringan distribusi memiliki peran penting dalam peralihan harga antara petani dan konsumen. Panjang pendeknya saluran distribusi bergantung terhadap jumlah pedagang perantara yang harus dilalui mulai dari petani sampai ke konsumen. Saluran distribusi yang semakin panjang akan cenderung memperkecil bagian yang diterima oleh petani, memperbesar biaya yang dibayarkan oleh konsumen, dan kondisi makanan yang akan diterima oleh konsumen kemungkinan sudah tidak layak untuk dikonsumsi. Penggunaan teknologi internet dalam penerapan Electronic Supply Chain Management dapat dimanfaatkan untuk membantu memasarkan produk bahan makanan dari supplier ke konsumen hanya melalui satu wholesaler dengan harga yang sesuai. Sistem yang dibangun sudah berhasil mencari jarak terdekat supplier dengan menggunakan metode Haversine Formula sehingga proses distribusi bahan makanan dapat ditempuh dengan waktu yang lebih singkat.


Kata Kunci : E-SCM, Bahan Makanan, Sistem Distribusi, Haversine Formula

Published
2018-08-01
How to Cite
BAGAS ARITAMA, Gede; PIARSA, I Nyoman; SUTRAMIANI, Ni Putu. Sistem Informasi Pendistribusian Bahan Makanan dengan Pendekatan E-SCM. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 77-84, aug. 2018. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/45439>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2018.v06.i02.p02.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.