Penerapan Augmented Reality dalam Visualisasi Katalog Apartemen Berbasis Android

  • Citra Arum Sari Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Ketut Gede Darma Putra Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Putu Arya Dharmaadi Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Apartemen menjadi hunian yang diminati masyarakat sehingga banyak dibangun oleh para pengembang properti. Pengembangan apartemen yang pesat menimbulkan persaingan dalam pemasaran, sehingga diperlukan cara pemasaran yang lebih inovatif untuk menarik pembeli. Penerapan teknologi augmented reality untuk membuat katalog apartemen menjadi lebih interaktif dapat menjadi solusi pemasaran apartemen yang inovatif. Penelitian yang dikembangkan berfokus pada penerapan Augmented Reality di katalog pemasaran apartemen dalam bentuk aplikasi berbasis Android. Denah apartemen pada katalog divisualisasikan melalui model 3-dimensi dengan penambahan informasi dan fitur-fitur yang interaktif. Aplikasi dikembangkan dengan marker dinamis. Aplikasi memiliki 3 scene yaitu Main Menu, About dan Panduan. Dua fitur utama pada aplikasi adalah tracking marker, yaitu fitur untuk mengenali marker dan rotate, fitur untuk memutar objek 3-dimensi secara 360 derajat. Aplikasi diujicobakan pada dua buah smartphone dengan spesifikasi berbeda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi telah berhasil mempermudah pengguna melihat visualisasi katalog tanpa mengunjungi apartemen asli.


Kata Kunci: apartemen, katalog, augmented reality, Android

Published
2018-08-01
How to Cite
ARUM SARI, Citra; DARMA PUTRA, I Ketut Gede; ARYA DHARMAADI, I Putu. Penerapan Augmented Reality dalam Visualisasi Katalog Apartemen Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 65-76, aug. 2018. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/45437>. Date accessed: 16 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2018.v06.i02.p01.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.