Rancang Bangun Game Mobile Bola Adil Berbasis Android Dengan Metode Linear Feedback Shift Register (LFSR)

  • I Made Gede Suryadinatha Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • A. A. Ketut Agung Cahyawan Wiranatha Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Kadek Suar Wibawa Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Permainan Bola Adil merupakan permainan yang dipimpin oleh seorang blandang/bandar serta papan gambar dan bola sebagai media permainannya. Permainan Bola Adil umumnya diadakan saat ada upacara tertentu dan menjadi bagian dari Budaya Bali. Permainan Bola Adil menarik karena kemenangan pemain dipengaruhi pemilihan gambar dan gambar yang ditunjuk saat bola yang sebelumnya dilempar berhenti. Game bukan lagi hal yang baru bagi masyarakat, namun masyarakat saat ini cenderung bermain game moderen pada perangkat mobile daripada game tradisional dikarenakan lebih praktis. Menariknya permainan Bola Adil dan kecenderungan masyarakat bermain game pada perangkat mobile melatarbelakangi Rancang Bangun Game Mobile Bola Adil Berbasis Android. Game Bola Adil dikembangkan menggunakan metode Linear Feedback Shift Register (LFSR). Metode LFSR berfungsi untuk menghasilkan bilangan acak, dimana pada Game Bola Adil diperlukan delapan bilangan acak untuk delapan posisi awal pelemparan bola. Pemain dapat menggunakan game yang dihasilkan dengan memilih karakter dan menentukan jumlah koin serta posisi gambar untuk taruhan, pemain menang jika bola pada permainan berhenti pada gambar yang sama dengan gambar pilihan pemain, dan pemain kalah jika yang terjadi sebaliknya. Koin yang diperoleh jika menang yaitu sembilan kali koin yang dipertaruhkan, sedangkan koin yang hilang sejumlah yang dipertaruhkan jika kalah.

Published
2018-04-02
How to Cite
GEDE SURYADINATHA, I Made; AGUNG CAHYAWAN WIRANATHA, A. A. Ketut; SUAR WIBAWA, Kadek. Rancang Bangun Game Mobile Bola Adil Berbasis Android Dengan Metode Linear Feedback Shift Register (LFSR). Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 56-64, apr. 2018. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/40937>. Date accessed: 06 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2018.v06.i01.p06.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.