Integrasi Kontrol Internal pada Sistem Informasi Manajemen Koperasi

  • Fajar Firmansyah Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Made Sukarsa Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Putu Wira Buana Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Sistem Informasi Manajemen pada koperasi yang tidak dilengkapi sistem kontrol internal yang tepat dapat menjadi penyebab tidak terwujudnya bisnis proses sesuai SOP. Penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun kontrol internal pada sistem informasi manajemen koperasi. Sumber data yang digunakan untuk merancang kontrol internal merupakan hasil dari audit yang berupa susunan SOP dan diimplementasikan sebagai kontrol internal pada aplikasi. Sistem kontrol dirancang secara otomatis bekerja pada sisi server basisdata berbentuk trigger yang diintegrasikan pada tabel-tabel pengontrol. Sistem kontrol yang dihasilkan berbentuk fitur baru yang dapat diatur mengikuti SOP yang berlaku di koperasi sehingga aplikasi dapat dikostumisasi secara dinamis.

Published
2018-04-02
How to Cite
FIRMANSYAH, Fajar; SUKARSA, I Made; WIRA BUANA, Putu. Integrasi Kontrol Internal pada Sistem Informasi Manajemen Koperasi. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 47-55, apr. 2018. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/40936>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2018.v06.i01.p05.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.