Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Mata dengan Fuzzy Logic dan Naïve Bayes

  • Putu Ananta Dama Putra Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Ketut Adi Purnawan Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Desy Purnami Singgih Putri Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Penyakit mata merupakan penyakit yang mengganggu penglihatan manusia. Penyakit mata dapat menyerang siapa saja baik orang tua maupun anak-anak. Penyakit mata jika ditangani secara dini maka semakin kecil kemungkinan penyakit untuk menjadi lebih parah, sehingga dibuatlah sistem pakar pada penelitian ini yang bertujuan mempermudah deteksi dini penyakit mata. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Mata dikembangkan menggunakan 16 gejala untuk menentukan 10 penyakit pada Mata. Metode yang digunakan adalah Fuzzy Logic dan Naïve Bayes. Fuzzy Logic digunakan untuk mengubah nilai tidak pasti yang diberikan oleh pasien menjadi nilai pasti selanjutnya diproses dengan Naïve Bayes yang berfungsi untuk menghitung bobot semua jawaban yang diberikan oleh pasien. Hasil tertinggi dari perhitungan menunjukkan penyakit yang diderita oleh pasien. Uji coba penelitian sistem pakar dilakukan pada 12 pasien dengan penyakit mata. Hasil uji coba kemudian dikomparasi dan diberikan bobot oleh Dokter Spesialis Penyakit Mata sehingga menghasilkan tingkat kemiripan antara sistem pakar dengan pakar aslinya sebesar 81%.

Published
2018-04-02
How to Cite
ANANTA DAMA PUTRA, Putu; ADI PURNAWAN, I Ketut; PURNAMI SINGGIH PUTRI, Desy. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Mata dengan Fuzzy Logic dan Naïve Bayes. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 35-46, apr. 2018. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/40935>. Date accessed: 06 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2018.v06.i01.p04.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.