PENGEMBANGAN SISTEM HRM TERINTEGRASI DENGAN PENDEKATAN ERP

  • Christine Regilia Suwu Universitas Udayana
  • I Made Sukarsa Universitas Udayana
  • I Putu Agung Bayupati Universitas Udayana

Abstract

Human Resources Management merupakan salah satu instrumen yang penting bagi perusahaan dalam pencapaian tujuannya. Penggunaan sistem informasi yang terintegrasi merupakan salah satu unsur penting untuk mengelola bisnis proses dalam manajemen perusahaan. ERP merupakan sistem informasi terintegrasi yang dimaksud dalam upaya peningkatan kualitas perusahaan. Khususnya untuk perusahaan distributor, pengelolaan proses bisnis secara konvensional dapat berpengaruh pada kualitas performa dari perusahaan itu sendiri. Berfokus pada HRM perusahaan distributor, penelitian membahas mengenai implementasi bisnis proses human resource management menggunakan software ERP yaitu Odoo. Penelitian dilakukan dengan menganalisa bisnis proses yang ada kemudian merancang sistem usulan yang terintegrasi lalu diimplementasikan ke dalam Odoo. Pemodelan sistem dirancang untuk mengoptimalkan pengelolaan data yang masih diproses secara konvensional. Optimalisasi dalam setiap proses bisnis meningkatkan kualitas keamanan dengan adanya pengaturan hak akses user dan keakuratan data yang didapat dengan transaksi data yang real time, serta efisiensi waktu yaitu memperkecil durasi waktu yang diperlukan untuk pencatatan dan penyimpanan dokumen dibanding secara manual.

Kata Kunci: Sistem Informasi, Human Resources Management, ERP, Bussines Process Management

Author Biographies

Christine Regilia Suwu, Universitas Udayana
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
I Made Sukarsa, Universitas Udayana
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
I Putu Agung Bayupati, Universitas Udayana
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Published
2016-12-01
How to Cite
REGILIA SUWU, Christine; SUKARSA, I Made; AGUNG BAYUPATI, I Putu. PENGEMBANGAN SISTEM HRM TERINTEGRASI DENGAN PENDEKATAN ERP. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], dec. 2016. ISSN 2252-3006. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/26883>. Date accessed: 24 mar. 2019.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.