Audit Capability EAM menggunakan COBIT 5 dan ISO 55002 pada Perusahaan Kelistrikan Negara

  • Ni Kadek Rahayu Widya Utami Universitas Udayana
  • I Putu Agung Bayupati Universitas Udayana
  • I Ketut Adi Purnawan Universitas Udayana

Abstract

Manajemen aset distribusi merupakan sistem komputerisasi terpadu yang dapat membantu optimalisasi kegiatan maintenance dengan mengatur, menjadwalkan, merencanakan kegiatan pemeliharaan sumber daya sesuai dengan tujuan perusahaan. PT.X sebagai perusahaan pengelola kelistrikan di Bali, saat ini melakukan penggabungan antara pengelolaan aset distribusi perusahaan dengan teknologi informasi yang menghasilkan EAM. Penerapan audit capability manajemen aset distribusi yang belum pernah dilakukan PT.X menjadi alasan dilakukannya penelitian ini. Audit capability dilakukan untuk mengetahui tingkat kematangan sistem serta melakukan analisis kondisi eksisting dari manajemen aset distribusi dalam perannya memenuhi tujuan perusahaan. COBIT 5 dan ISO 55002 digunakan sebagai panduan untuk melakukan analisa terhadap kelayakan sebuah investasi teknologi informasi yang sudah dilakukan oleh sebuah perusahaan. Hasil dari audit terpilih 3 domain yakni EDM 02, EDM 05 dan APO 11 yang menjadi domain evaluasi capability level dengan analisis GAP pada setiap domainnya. Penyusunan rekomendasi menggunakan 7 klausul ISO 55002 untuk penerapan manajemen aset distribusi yang lebih baik.

Kata Kunci: Manajemen Aset Distribusi, Capability Level COBIT 5, GAP, ISO 55002

Author Biographies

Ni Kadek Rahayu Widya Utami, Universitas Udayana
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
I Putu Agung Bayupati, Universitas Udayana
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
I Ketut Adi Purnawan, Universitas Udayana
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Published
2016-12-01
How to Cite
RAHAYU WIDYA UTAMI, Ni Kadek; AGUNG BAYUPATI, I Putu; ADI PURNAWAN, I Ketut. Audit Capability EAM menggunakan COBIT 5 dan ISO 55002 pada Perusahaan Kelistrikan Negara. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], dec. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/26877>. Date accessed: 28 oct. 2020.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.