APLIKASI 3D TERRAIN VIRTUAL RECREATION GARUDA WISNU KENCANA CULTURAL PARK

  • Gede Indra Raditya Martha Universitas Udayana
  • Putu Agung Bayupati Universitas Udayana
  • I Ketut Adi Purnawan Universitas Udayana

Abstract

Aplikasi 3D Terrain Garuda Wisnu Kencana Cultural Park (GWK) atau GWK 3DVR adalah sebuah aplikasi virtual recreation yang merupakan salah satu cara tercepat untuk merampungkan proyek prestisius GWK secara virtual yang terhambat pembangunannya karena krisis moneter Indonesia di Tahun 1997. Aplikasi ini dibuat dengan menggabungkan objek 3 dimensi kedalam virtual environtment yang didesain agar menyerupai keadaan lapangan GWK berdasarkan masterplan 2014, digabungkan dengan wawancara langsung kepada pihak arsitektur GWK. Aplikasi GWK 3DVR merupakan aplikasi yang memerlukan spesifikasi perangkat keras yang cukup tinggi sehingga GWK 3DVR dilengkapi dengan fitur pengaturan kualitas grafis. Pengguna aplikasi seakan-akan berjalan di areal kompleks GWK dengan mengunakan tombol navigasi dan mode kamera first person yang terdapat pada aplikasi. Sensasi immersive dan realitas dapat dirasakan apabila pengoperasiannya disertai dengan pengunaan head mounted display yang kedepannya lebih mudah didapat. Hal tersebut dikarenakan virtual reality saat ini mulai berkembang cepat seiring dengan kepopulerannya pada bidang multimedia dan gaming. Walaupun hanya berbentuk virtual setidaknya aplikasi ini diharapkan dapat memvisualisasikan bentuk jadi dari GWK dan secara keseluruhan aplikasi telah mampu berjalan dengan baik serta menampilkan bentuk dan perkiraan tata letak juga tempat dari GWK yang saat ini belum rampung dengan bentuk virtual 3 dimensi.

Kata kunci: Virtual recreation, first person point of view, Garuda Wisnu Kencana.

Author Biographies

Gede Indra Raditya Martha, Universitas Udayana
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Putu Agung Bayupati, Universitas Udayana
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
I Ketut Adi Purnawan, Universitas Udayana
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Published
2016-08-01
How to Cite
INDRA RADITYA MARTHA, Gede; AGUNG BAYUPATI, Putu; ADI PURNAWAN, I Ketut. APLIKASI 3D TERRAIN VIRTUAL RECREATION GARUDA WISNU KENCANA CULTURAL PARK. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], aug. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/26876>. Date accessed: 11 nov. 2019.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.