RANCANG BANGUN APLIKASI DALANG BERBASIS ANDROID

  • Putu Risanti Iswardani Universitas Udayana
  • Putu Wira Buana Universitas Udayana
  • Kadek Suar Wibawa Universitas Udayana

Abstract

Game digunakan sebagai media belajar dan hiburan sehingga pembelajaran semakin kreatif dan inovatif. Wayang yang memiliki norma dan perilaku yang baik bagi masyarakatnya harus dilestarikan dan dipertahankan. Media yang dapat menarik perhatian masyarakat untuk belajar mendalang dan memainkan sebuah wayang perlu dibuat untuk melestarikan dan mempertahankan permainan wayang. Pertunjukan dalang dapat diangkat untuk membuat sebuah media belajar mendalang dalam bentuk Aplikasi bagi masyarakat. Aplikasi Dalang dibuat dengan mengkombinasi tradisi dan media hiburan modern menggunakan sebuah teknik pivot joint yang dapat menggerakan dua benda yang berhimpitan seperti sebuah sendi. Pivot joint digunakan untuk menggerakkan tangan wayang pada aplikasi yang dikembangkan. Pivot joint dapat membuat sendi pada persendian tangan wayang untuk menggerakkan tangan wayang. Aplikasi dalang dapat menggerakkan tangan dan badan wayang di dalam sebuah platform android. Aplikasi ini mampu dijadikan sebagai media pembelajaran bagi masyarakat umum berdasarkan survei yang dilakukan. Hasil survei yang diperoleh menunjukkan 95% masyarakat menyatakan Aplikasi Dalang dapat dijadikan sebagai media belajar mendalang dengan baik.

Kata Kunci: Dalang, Android, Game, Bali, pivot joint

Author Biographies

Putu Risanti Iswardani, Universitas Udayana
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Putu Wira Buana, Universitas Udayana
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Kadek Suar Wibawa, Universitas Udayana
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Published
2016-08-01
How to Cite
RISANTI ISWARDANI, Putu; WIRA BUANA, Putu; SUAR WIBAWA, Kadek. RANCANG BANGUN APLIKASI DALANG BERBASIS ANDROID. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], aug. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/26872>. Date accessed: 09 mar. 2021.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.