Aplikasi Game Edukasi Pupuh Sekar Alit Berbasis Android

  • Putu Eka Suryadana
  • A. A. K. Agung Cahyawan W.
  • Ni Made Ika Marini Mandenni

Abstract

Pupuh merupakan sebuah tembang macepat yang berarti membaca syair tembang atas empat suku kata yang memiliki kisah atau makna. Pupuh terdapat pada mata pelajaran muatan lokal anak yang berusia 9 hingga 14 tahun. Dewasa ini kesenian tembang khususnya pupuh kurang diminati oleh anak-anak dan remaja. Selain karena pelajaran metembang hanya terdapat pada mata pelajaran muatan lokal Bahasa Bali, materi yang memaparkan pupuh juga sedikit. Berdasarkan permasalahan yang ada melatarbelakangi pembuatan suatu metode pembelajaran yang menarik yaitu dikemas kedalam sebuah permainan digital. Game Edukasi Pupuh Sekar Alit diharapkan menjadi sebuah pembelajaran terkait Pupuh Sekar Alit yang dituangkan kedalam sebuah permainan. Game ini dibuat dengan menggunakan software Corona SDK dan bahasa pemrograman Lua. Game pupuh dapat berfungsi sebagai media pembelajaran pupuh yang efektif bagi anak-anak sekarang. Hal ini diperkuat dari hasil survey dengan kategori baik sebesar 77% pada aspek grafis dan 60% pada aspek entertainment dan edukasi. Kata Kunci: Game Edukasi, Budaya, Pupuh Sekar Alit, Corona SDK.

Author Biographies

Putu Eka Suryadana
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
A. A. K. Agung Cahyawan W.
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Ni Made Ika Marini Mandenni
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Published
2016-04-01
How to Cite
EKA SURYADANA, Putu; AGUNG CAHYAWAN W., A. A. K.; IKA MARINI MANDENNI, Ni Made. Aplikasi Game Edukasi Pupuh Sekar Alit Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], apr. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/20752>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.