Rancang Bangun Aplikasi Absensi Mahasiswa pada Platform Android

  • A. A. Raka Onny Diar Danur C.
  • I Nyoman Piarsa
  • A. A. Kompiang Oka Sudana

Abstract

Penggunaan perangkat mobile mewabah kian cepat dalam kehidupan sehari-hari manusia. Didukung dengan adanya pengembangan aplikasi mobile yang begitu inovatif dan variatif, merupakan salah satu penyebabnya. Pengembangan aplikasi mobile bertujuan untuk mendukung hampir segala kegiatan manusia, seperti permainan, alat hitung, media sosial, dan juga khususnya mendukung untuk kegiatan belajar mengajar. Proses absensi merupakan suatu proses yang mendukung kegiatan belajar mengajar, dimana data absensi digunakan pada perkuliahan sebagai salah satu acuan dalam pengambilan keputusan penilaian terhadap mahasiswa. Data absensi tergolong data yang cukup riskan untuk terjadi kerusakan, dikarenakan bentuknya yang masih berupa lembaran kertas. Guna meminimalisir kerusakan laporan absensi tersebut, maka dirancanglah sebuah aplikasi berbasis Android yang dapat menangani proses absensi. Aplikasi yang dibangun, selain menangani proses absensi dalam perkuliahan, juga memiliki modul tambahan yaitu rekap absensi dimana data absensi yang tersimpan, selanjutnya direkapitulasi dan ditampilkan dalam sebuah laporan digital yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Rancang bangun aplikasi juga memiliki tingkat pertumbuhan alokasi data yang relatif kecil yaitu kurang lebih 11.7MB dengan asumsi keadaan perkuliahan di Jurusan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Udayana dalam satu semester.

Kata Kunci : Absensi, Perangkat Mobile, Android, Aplikasi Mobile.

Author Biographies

A. A. Raka Onny Diar Danur C.
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
I Nyoman Piarsa
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
A. A. Kompiang Oka Sudana
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Published
2016-04-01
How to Cite
RAKA ONNY DIAR DANUR C., A. A.; PIARSA, I Nyoman; OKA SUDANA, A. A. Kompiang. Rancang Bangun Aplikasi Absensi Mahasiswa pada Platform Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], apr. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/20750>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.