Rancang Bangun Animasi 3 Dimensi Anyaman Bambu Khas Kebudayaan Bali Berbasis Android
Abstract
Kerajinan anyaman bambu merupakan sebuah seni menganyam dimana menghasilkan suatu keindahan yang dapat memiliki nilai jual tinggi. Khususnya di Bali, kerajinan anyaman bambu digunakan dalam berbagai kegiatan upacara agama, yaitu sokasi berfungsi sebagai tempat untuk memasukan babantenan saat melakukan persembahyangan di pura. Kurangnya informasi serta literatur mengenai cara pembuatan anyaman bambu merupakan salah satu penyebab generasi muda kurang mampu memahami tentang kerajinan anyaman bambu, sehingga dikembangkan Aplikasi Animasi Anyaman Bambu yang mampu menampilkan cara pembuatan kerajinan anyaman bambu. Animasi Anyaman Bambu yang dikembangkan bertujuan untuk memberikan informasi dan cara pembuatan anyaman bambu kepada generasi muda, khususnya para siswa. Aplikasi dibuat pada platform Android dengan Unity sebagai main software pembuatnya. Output dari aplikasi ini adalah animasi cara pembuatan anyaman bambu. Hasil pengujian aplikasi melalui kuesioner yaitu 70% untuk kriteria baik dari aspek user interface dan 60% untuk kriteria baik dari aspek edukasi. Hasil dari aspek edukasi menunjukkan Aplikasi Animasi Anyaman Bambu merupakan media pembelajaran dan penyampaian informasi yang lebih mudah dipahami dan mampu menarik minat siswa untuk memahami proses pembuatan anyaman bambu.Kata kunci: kerajinan anyaman bambu, Unity, Android, Animasi anyaman bambu, Animasi 3 Dimensi
Published
2016-04-01
How to Cite
ADI MAHENDRA ARTA, I Made; WIRA BUANA, Putu; AGUNG CAHYAWAN W., A. A. K..
Rancang Bangun Animasi 3 Dimensi Anyaman Bambu Khas Kebudayaan Bali Berbasis Android.
Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], apr. 2016.
ISSN 2685-2411.
Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/20746>. Date accessed: 24 nov. 2024.
Section
Articles