Sistem Informasi Geografis Pemetaan Persebaran Kriminalitas di Kota Denpasar

  • Febe Niken Damayanti
  • I Nyoman Piarsa
  • I Made Sukarsa

Abstract

Tindakan kriminalitas terjadi tidak mengenal waktu dan tempat, yang dapat merugikan masyarakat secara material maupun non material. Banyaknya kejadian kriminal di berbagai tempat dengan waktu yang berbeda, menjadi kendala bagi pihak terkait untuk menentukan daerah yang memiliki tingkat kerawanan kriminalitas tinggi, sehingga dibutuhkan sebuah sistem untuk membantu memberikan informasi kerawanan kejahatan pada suatu daerah. Sistem Informasi Geografis Pemetaan Persebaran Kriminalitas di Kota Denpasar berbasis web dirancang untuk menampilkan peta berisi informasi pola persebaran kriminalitas di Kota Denpasar menggunakan Google Maps dan Metode Single Exponential Smoothing. Fitur Google Maps yang mendukung sistem ini yaitu fitur polygon untuk menggambar daerah dan Geometry Library untuk menghitung luas daerah. Output aplikasi yang dihasilkan yaitu peta informasi serta grafik tindak kejahatan yang terjadi, yang dikelompokkan berdasarkan kelurahan di Kota Denpasar. Peramalan jumlah kriminalitas pada bulan selanjutnya dihitung dengan Metode Single Exponential Smoothing, dengan tingkat akurasi mendekati riil dengan data asli di lapangan.

Kata kunci: Kriminalitas, Sistem Informasi Geografis, Kota Denpasar

Author Biographies

Febe Niken Damayanti
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
I Nyoman Piarsa
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
I Made Sukarsa
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Published
2016-04-01
How to Cite
NIKEN DAMAYANTI, Febe; PIARSA, I Nyoman; SUKARSA, I Made. Sistem Informasi Geografis Pemetaan Persebaran Kriminalitas di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], apr. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/20745>. Date accessed: 28 oct. 2020.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.