Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Rindik Pada Platform Android

  • I Made Saputra Mahardika Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • A. A. K. Agung Cahyawan W. Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Ketut Adi Purnawan Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Rindik merupakan alat musik tradisional Bali yang terbuat dari bambu. Rindik merupakan alat musik yang terdiri dari 11 bambu dengan varian nada yaitu ndung, ndang, nding, ndong, ndeng, ndung, ndang, nding, ndong, ndeng dan ndung. Semakin pesatnya perkembangan teknologi menyebabkan kurangnya perhatian masyarakat terhadap musik tradisional Bali khususnya musik Rindik. Solusi yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah pemanfaatan teknologi melalui sebuah game edukasi pada platform Android.Game Rindik ini merupakan game yang berjenis rhythm game, sehingga dalam pengembangan aplikasi ini menggunakan metode multitouch. Multitouch dapat dikatakan menggunakan media input yang sama dengan touchscreen, namun perbedaannya adalah dengan multitouch pada game ini dapat menginputkan lebih dari satu sentuhan pada bilah Rindik, sehingga Game Rindik menyerupai permainan musik Rindik yang sebenarnya.Hasil dari Game Rindik ini adalah user dapat mampu belajar permainan musik Rindik, hasil tersebut dilihat dari survey pada masyarakat yang didapatkan persentase 66% menarik dalam aspek grafis, 68% baik dalam aspek entertainment, dan 52% dipahami dalam aspek content.

Kata Kunci: Rindik, Game, Edukasi, Multitouch, Ritme.

Published
2015-12-01
How to Cite
SAPUTRA MAHARDIKA, I Made; AGUNG CAHYAWAN W., A. A. K.; ADI PURNAWAN, I Ketut. Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Rindik Pada Platform Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], dec. 2015. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/18219>. Date accessed: 01 may 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.