Game Blok Bakar Berbasis Android Menggunakan Metode LCG dan LFSR

  • Kadek Adi Praptha Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Ketut Gede Darma Putra Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Gusti Made Arya Sasmita Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Blok Bakar merupakan permainan kartu tradisional Bali yang menggunakan kartu domino. Konsep utama dari game adalah memilih blok kartu yang terdiri dari 2 buah kartu yang sudah diacak. Namun seiring perkembangan jaman peminat permainan Blok Bakar dari tahun ke tahun mengalami penurunan, sehingga diperlukan sebuah sarana sebagai media pelestarian Budaya Bali. Penelitian ini menyajikan suatu aplikasi game Blok Bakar berbasis Android dengan mengkombinasikan metode pengacakan Linear Congruential Generators (LCG) dan Linear Feedback Shift Register (LFSR) agar minat masyarakat terhadap game Blok Bakar dapat meningkat. Kombinasi metode digunakan untuk memperoleh kartu acak dan meminimalisir kemunculan kartu yang sama. Game Blok Bakar dibuat dengan menggunakan software Corona SDK dengan bahasa pemrograman Lua. Hasil dari kombinasi metode LCG dan LFSR memberikan perbandingan kemenangan dan kekalahan Bandar sebesar 52% berbanding 48% untuk kondisi taruhan dan 60% berbanding 40% untuk kondisi jumlah kartu.

Kata kunci: Blok Bakar, Budaya Bali, game kartu, LCG, LFSR.

Published
2015-11-01
How to Cite
ADI PRAPTHA, Kadek; GEDE DARMA PUTRA, I Ketut; ARYA SASMITA, Gusti Made. Game Blok Bakar Berbasis Android Menggunakan Metode LCG dan LFSR. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], nov. 2015. ISSN 2252-3006. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/18218>. Date accessed: 17 july 2019.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.