Sistem Informasi Geografis Pura Di Pulau Bali Pada Platform Android

  • I Wayan Nody Artha Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Nyoman Piarsa Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Pura Kahyangan Jagat merupakan tempat pemujaan umat Hindu baik yang berada di Pulau Bali maupun yang berasal dari luar Pulau Bali. Letak Pura Kahyangan Jagat yang menyebar dengan lokasi yang berjauhan, akan menyebabkan kesulitan pencarian lokasi Pura Kahyangan Jagat bagi umat Hindu.Penelitian ini merancang dan membangun Sistem Informasi Geografis Pura di Pulau Bali pada Platform Android dibuat untuk mempermudah umat Hindu mendapatkan informasi seputar Pura Kahyangan Jagat yang ada di Pulau Bali. Saat ini sebagian besar perangkat mobile sudah menggunakan sistem operasi Android, yang sudah terintegrasi dengan Google Maps sebagai layanan peta gratis yang diberikan oleh Google untuk menampilkan peta dunia yang dapat digunakan untuk melihat suatu daerah.Sistem Informasi Geografis Pura di Pulau Bali pada Platform Android yang dibangun bisa diakses dimana saja saat tersedia koneksi internet. Sistem ini mampu memberikan informasi tentang Pura Kahyangan Jagat dan menampilkan rute perjalanan yang akan dilalui untuk menuju suatu lokasi Pura Kahyangan Jagat sehingga mempermudah pengguna untuk menuju lokasi Pura Kahyangan Jagat dengan mengikuti rute yang telah ditampilkan oleh sistem.

 

Kata Kunci : Pura Kahyangan Jagat, Google Maps, Android

Published
2016-01-15
How to Cite
NODY ARTHA, I Wayan; PIARSA, I Nyoman. Sistem Informasi Geografis Pura Di Pulau Bali Pada Platform Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], jan. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17920>. Date accessed: 01 may 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.