Sistem Informasi Geografis Pura Di Pulau Bali Pada Platform Blackberry

  • I Ketut Agus Adi Sudiartha Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Pura merupakan tempat ibadah bagi umat hindu khususnya yang mayoritas penganutnya berada di pulau Bali. Pura Kahyangan Jagat merupakan pura yang di puja oleh seluruh masyarakat Hindu baik yang ada di Bali maupun di luar Pulau Bali.Pura Kahyangan Jagat terdiri dari beberapa Pura yang secara umum dapat di puja oleh umat Hindu. Letak Pura Kahyangan Jagat menyebar di pulau Bali dengan lokasi yang berjauhan. Letaknya yang saling berjauhan, menyebabkan pencarian untuk Pura Kahyangan Jagat sering membingungkan umat hindu. Salah satu cara untuk mempermudah pencarian lokasi Pura Kahyangan Jagat diperlukan pemetaan lokasi Pura Kahyangan Jagat tersebut. Perangkat mobile yang dapat dikembangkan untuk sistem informasi geografis pemetaan lokasi pura ini adalah Blackberry mobile. Perangkat Blackberry mobile dibangun untuk benar-benar terbuka sehingga sebuah aplikasi dapat memanggil salah satu fungsi inti ponsel seperti membuat panggilan, mengirim pesan teks, menggunakan kamera, menggunakan GPS. Sistem informasi ini akan menampilkan Map untuk menentukan lokasi Pura Kahyangan Jagat di Pulau Bali. Map yang di gunakan dalam Sistem Informasi Geografis adalah Map dari Google Maps. Google Maps adalah layanan informasi suatu lokasi yang diberikan gratis oleh Google dan sangat popular. Google Maps adalah suatu peta dunia yang dapat digunakan untuk melihat suatu daerah.

 

Kata Kunci: Pura, Google Maps, Blackberry, Mobile

Published
2016-01-15
How to Cite
AGUS ADI SUDIARTHA, I Ketut. Sistem Informasi Geografis Pura Di Pulau Bali Pada Platform Blackberry. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], jan. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17919>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.