Aplikasi Sistem Informasi Geografis Tempat Usaha di Wilayah Denpasar Berbasis Mobile Android

  • I Gede Wira Yudha Lesmana Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Ketut Adi Purnawan Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Made Sukarsa Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Dunia usaha di Bali khususnya Kota Denpasar kini tengah berkembang dengan sangat pesat.Pemerintah Indonesia saat ini tengah mendukung pengembangan dunia usaha (wirausaha) di Indonesia guna meningkatkan perekonomian negara. Banyaknya usaha yang ada menyebabkan konsumen seringkali mengalami kesulitan untuk menemukan lokasi tempat usaha karena masih sedikit informasi tentang hal tersebut. Konsumen yang belum mengenal Daerah Denpasar, tentunya akan mengalami kesulitan dikarenakan keadaan geografis Kota Denpasar yang saat ini begitu padat. Menangani masalah tersebut, maka dibuatlah sistem informasi geografis tempat usaha di Wilayah Kota Denpasar berbasis mobile yang memanfaatkan teknologi dari Google Maps API, dengan tujuan untuk memberikan informasi mengenai keberadaan suatu tempat usaha yang ada di Wilayah Kota Denpasar yang dapat diakses melalui smartphone dengan platform Android. Hasil rata-rata pengujian aplikasi oleh usermendapatkan penilaian pada tiga tingkat jawaban cukup, baik dan sangat baik.Jawaban cukup mendapatkan persentase 14.44%, jawaban baik mendapatkan persentase 64.07% dan jawaban sangat baik mendapatkan persentase 21.42%.

 

Kata kunci: Sistem Informasi Geografis, Google Maps API, Android.

Published
2016-01-15
How to Cite
WIRA YUDHA LESMANA, I Gede; ADI PURNAWAN, I Ketut; SUKARSA, I Made. Aplikasi Sistem Informasi Geografis Tempat Usaha di Wilayah Denpasar Berbasis Mobile Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], jan. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17912>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.