Aplikasi Peramalan Watak dan Perjodohan Berdasarkan Wariga Bali Berbasis Android dengan Metode Fuzzy Logic

  • I Putu Satwika Putra Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Ketut Gede Darma Putra Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Nyoman Piarsa Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Perkembangan teknologi informasi menyebabkan kebutuhan akan informasi juga semakin meningkat. Seperti halnya penyampaian informasi akan warisan budaya bangsa yaitu wariga (perhitungan kalender Bali). Penelitian ini bertujuan untuk merancang pemodelan dan membangun sebuah Aplikasi Peramalan Watak dan Perjodohan berbasis Android yang dapat digunakan untuk melihat informasi perwatakan serta perjodohan berdasarkan perhitungan Kalender Caka Bali. Perancangan diakukan dengan metode perangkat pemodelan sistem serta penelusuran algoritma perhitungan perwatakan dan perjodohan dari sejumlah pustaka Kalender Bali. Analisa dilakukan dengan menguji perhitungan perwatakan serta perjodohan. Untuk meningkatkan kehandalan informasi, diperlukan adanya penelitian dan pengembangan lebih lanjut yang dapat menghasilkan pencarian padewasaan dan penentuan tanggal padewasaan terbaik pada Android.

 

Kata Kunci: Peramalan, watak, perjodohan, fuzzy, android, wariga.

Published
2016-01-15
How to Cite
SATWIKA PUTRA, I Putu; GEDE DARMA PUTRA, I Ketut; PIARSA, I Nyoman. Aplikasi Peramalan Watak dan Perjodohan Berdasarkan Wariga Bali Berbasis Android dengan Metode Fuzzy Logic. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], jan. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17909>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.