Aplikasi Simulasi Bentuk Rambut Dengan Menggunakan Foto Wajah Berbasis Desktop

  • I Made Jaya Swastika Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Putu Bayupati Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Ketut Adi Purnawan Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Teknologi Informasi telah berkembang pesat pada era sekarang, itulah sebabnya teknologi informasi banyak dimanfaatkan oleh perusahaan atau instansi untuk meningkatkan pelayanan, efisiensi, efektivitas dalam memperoleh informasi sesuai dengan keinginan user yang memerlukan informasi tersebut. Teknologi informasi sebagai media penyedia fasilitas untuk semua user yang memerlukan, masih terdapat banyak kendala diantaranya penyedia fasilitas di instansi salon. Perencanaan aplikasi Simulasi bentuk rambut mampu menjadikan sistem yang efektif dan efisien dalam penataan rambut sehingga membuat pelanggan salon yang menggunakan mendapatkan bayangan terhadap wajahnya jika user tersebut menggunakan model rambut tersebut, penelitian simulasi bentuk rambut menggunakan kamera webcam yang berfungsi untuk mengambil wajah yang selanjutnya akan diproses untuk menentukan model rambut yang cocok buat wajah user tersebut. Berdasarkan hasil survey terhadap 15 responden pria dan wanita yang menggunakan aplikasi simulasi bentuk rambut menunjukkan aspek kesesuaian aplikasi dengan pengguna aplikasi dengan kategori sangat baik sebesar 34% dan dengan kategori baik 57% serta dengan kategori cukup 9%.

 

Kata kunci : Teknologi Informasi, Aplikasi Simulasi, Model Rambut, Salon.

Published
2016-01-15
How to Cite
JAYA SWASTIKA, I Made; BAYUPATI, I Putu; ADI PURNAWAN, I Ketut. Aplikasi Simulasi Bentuk Rambut Dengan Menggunakan Foto Wajah Berbasis Desktop. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], jan. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17908>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.