Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Jantung dan Paru dengan Fuzzy Logic dan Certainty Factor

  • Desak Putu Siska Dewi Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Organ jantung dan paru adalah organ tubuh yang sangat vital bagi manusia. Gangguan pada jantung dan paru dapat menyebabkan dampak yang sangat besar bagi kesehatan manusia. Sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit paru-paru dan jantung pada manusia dibuat karena banyak penyakit paru dan jantung lainnya diderita oleh masyarakat Indonesia. Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem pakar ini adalah hasil pengkombinasian 2 metode, yaitu metode certainty factor (CF) dan fuzzy logic. Pengerjaan dari sistem pakar ini direncanakan melalui 7 tahapan yaitu : 1) Tahap pengumpulan data 2) Tahap perumusan penyakit jantung dan paru beserta gejalanya, 3) Tahap pembuatan rule sistem pakar, 4) Tahap perancangan basis data, 5) Tahap perancangan antar muka sistem pakar, 6) Tahap implementasi perancangan ke dalam sistem pakar, dan 7) Tahap uji coba. Uji coba pada penelitian ini dilakukan terhadap pasien penyakit jantung dan paru-paru. Hasil akhir dari penyakit yang diderita kemudian didiskusikan kepada dokter spesialis penyakit dalam yang menghasilkan tingkat kemiripan sistem pakar yang telah dibuat dengan pakar sesungguhnya sebesar 94.61 %.

 

Kata kunci: sistem pakar, paru, jantung, diagnosa, certainty factor, fuzzy logic.

Published
2016-01-15
How to Cite
PUTU SISKA DEWI, Desak. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Jantung dan Paru dengan Fuzzy Logic dan Certainty Factor. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], jan. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17907>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.