Aplikasi Translator Bahasa Jawa Ke Bahasa Indonesia Berbasis Android

  • Ahmad Budi Setiawan
  • Putu Wira Buana Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Made Sukarsa Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Penggunaan smartphone sebagai salah satu media komunikasi sudah umum dijumpai dalam masyarakat saat ini. Bermacam-macam aplikasi dihadirkan dalam perangkat smartphone untuk menunjang aktivitas maupun kinerja di masyarakat, demikian halnya dengan translator yang sangat diperlukan dalam menerjemahkan suatu bahasa asing maupun bahasa daerah. Kajian ini bertujuan untuk merancang aplikasi translator digital Jawa-Indonesia dan Indonesia-Jawa untuk perangkat mobile khususnya smartphone yang berbasis Android, pengguna sistem dapat menterjemahkan bahasa Jawa kedalam bahasa Indonesia dan sebaliknya kapan saja dan dimana saja. Aplikasi ini dibangun menggunakan Java 2 MicroEdition. Tahapan yang penulis lakukan dalam proses pembangunan aplikasi tersebut meliputi tahapan analisis permasalahan dan kebutuhan. Perancangan aplikasi dan desain antar muka aplikasi juga dilakukan, sehingga aplikasi yang terbentuk menjadi mudah untuk digunakan. Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah brute force dan binary search. Aplikasi ini bias menjadi alat pembelajaran bahasa daerah. Diharapkan dapat berguna di masyarakat sehingga dapat menjadikan media pelestarian budaya khususnya bahasa daerah.

 

Kata Kunci: Translator, Bahasa,Jawa, Indonesia, Smartphone.

Published
2016-01-15
How to Cite
BUDI SETIAWAN, Ahmad; WIRA BUANA, Putu; SUKARSA, I Made. Aplikasi Translator Bahasa Jawa Ke Bahasa Indonesia Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], jan. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17905>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.