Aplikasi Pengolah Data Lokasi GPS Menggunakan SMS Gateway

  • Ketut Yudhi Mahartha Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Putu Wira Buana Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Made Sukarsa Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Kendaraan sangat membantu manusia untuk meningkatkan pergerakannya sehari-hari.Harga kendaraan bermotor yang mahal membuatnya menjadi objek kriminalitas yang umum.Kemajuan teknologi terus menghadirkan solusi untuk permasalahan tersebut, salah satunya dengan alat yang bernama Global Positioning System (GPS). Berbagai merk dan bentuk GPS beredar di masyarakat dengancara penggunaan yang berbeda-beda. Salah satu metode komunikasi perangkat GPS yang beredar dipasaran adalah melalui SMS.Aplikasi yang direncanakan diharapkan dapat membantu user dalam pengiriman SMS serta pengolahan informasi yang dikirimkan oleh GPS. Aplikasi dirancang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan didukung oleh Gammu sebagai tool SMS gateway, sehingga memungkinkan memanajemen dan mengolah SMS yang masuk menggunakan database MySQL.Hasil rata-ratapengujian aplikasi oleh user mendapatkan penilaian pada tiga tingkat jawaban cukup, baik dan sangat baik.Jawaban cukup mendapatkan persentase 6.3%, jawaban baik mendapatkan persentase66.3% dan jawaban sangat baik mendapatkan persentase 27.4%.

 

Kata kunci : GPS, Data Lokasi, SMS Gateway, Gammu.

Published
2016-01-15
How to Cite
YUDHI MAHARTHA, Ketut; WIRA BUANA, Putu; SUKARSA, I Made. Aplikasi Pengolah Data Lokasi GPS Menggunakan SMS Gateway. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], jan. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17899>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.