Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Tanaman Obat Tradisional Berbasis Android

  • Ni Komang Surya Cahyani Putri Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • A.A. Kompiang Oka Sudana Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Ketut Gede Darma Putra Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Makalah ini membahas mengenai hubungan client-server yang terjadi pada Sistem Informasi Tanaman Obat Tradisional. Sistem informasi tanaman obat tradisional dibuat berbasis Android, untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi dengan menggunakan mobile phone. aplikasi ini menggunakan database server, dimana hanya admin yang dapat mengakses dan melakukan edit, hapus dan update data pada database server. Aplikasi client dibangun pada perangkat mobile dengan sistem operasi Android. Aplikasi client hanya dapat mengakses informasi yang sudah disediakan oleh admin, dimana admin merupakan entitas yang bertugas untuk mengelola data master. Sisi server dibangun dengan basis web. Server memegang peranan khusus untuk mengelola data master pada basis data sistem. Hubungan client-server yang terjadi pada sistem menjaga data yang ada pada basis data sistem baik pada client maupun server tetap sinkron.

 

Kata kunci: Client-server, Tanaman Obat Tradisional, Sistem Informasi, Android.

Published
2016-01-15
How to Cite
SURYA CAHYANI PUTRI, Ni Komang; KOMPIANG OKA SUDANA, A.A.; GEDE DARMA PUTRA, I Ketut. Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Tanaman Obat Tradisional Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], jan. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17898>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.