Sistem Informasi Geografis Pemetaan Penyebaran Penyakit Berbasis Web

  • Putu Kurniawan Adi Krisna Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Nyoman Piarsa Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Putu Wira Buana Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Indonesia adalah negara yang terdiri dari kepulauan dan banyak memiliki daerah terpencil yang belum dijangkau. Ketersedian fasilitas penunjang kesehatan belum cukup memadai sehingga penanggulangan penyakit pada daerah tersebut sulit untuk diatasi. Masalah tersebut mengakibatkan penyebaran penyakit menjadi lebih luas penyebarannya dan bisa berakibat pada peningkatan jumlah angka kematian serta penyebaran penyakit yang bisa menyebabkan cacat fisik. Terdapatnya sistem informasi geografis berbasis web dapat membantu untuk menanggulangi masalah penyebaran penyakit pada suatu daerah. Sistem informasi geografis dapat dimanfaatkan untuk menandai suatu daerah untuk mengetahui titik penyebaran penyakit. Memanfaatkan fasilitas kesehatan yang sudah ada, data penyakit dapat ditampilkan pada sistem informasi dan mengetahui daerah yang belum memiliki fasilitas kesehatan yang layak. Sistem informasi geografis menghasilkan data penyebaran penyakit yang dapat membantu fasilitas kesehatan untuk mengetahui penyebaran penyakit dan mendapatkan penanggulangan secara medis dari pihak-pihak yang bersangkutan. Hal ini dapat memberikan kesejahteraan pada masyarakat yang memerlukan uluran bantuan untuk mendapatkan kesehatan yang layak.

 

Kata kunci: Sistem Informasi Geografis, Web, Penyakit, Google Maps

Published
2016-01-15
How to Cite
KURNIAWAN ADI KRISNA, Putu; PIARSA, I Nyoman; WIRA BUANA, Putu. Sistem Informasi Geografis Pemetaan Penyebaran Penyakit Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], jan. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17896>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.