Sistem Informasi Geografis Pemetaan Jaringan Pipa PDAM Tirta Mangutama

  • A.A Ngurah Hary Susila Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Nyoman Piarsa Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Putu Wira Buana Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Perkembangan zaman yang sudah maju seperti sekarang memerlukan kebutuhan akan teknologi yang sangat tinggi untuk membantu manusia dalam pekerjaan sehari-hari. Salah satu teknologi yang diperlukan adalah kebutuhan akan teknologi informasi geografis suatu daerah. Teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan suatu teknologi geografis yang memiliki kemampuan dalam mengumpulkan, mengelola, memanipulasi dan memvisualisasikan data spasial (keruangan) yang berhubungan dengan posisi dipermukaan bumi pada sebuah peta sesuai dengan posisi permukaan bumi yang sebenarnya dengan titik koordinatnya. Informasi mengenai pemetaan jaringan pipa PDAM di Kabupaten Badung sangat diperlukan oleh masyarakat maupun pihak PDAM khususnya pada PDAM Tirta Mangutama untuk membantu dalam pendistribusian air bersih kepada masyarakat dan membantu mendapatkan informasi jaringan pipa dengan mudah dan cepat. Hasil yang ditampilakan sistem berupa data pemetaan jaringan pipa primer, pipa sekunder, reservoar, sumber air dan aksesoris dapat ditampilkan dalam peta dan data tabulasi.

 

Kata kunci: Sistem Informasi Geografis, Pemetaan Jaringan Pipa, PDAM, Google Maps.

Published
2016-01-15
How to Cite
NGURAH HARY SUSILA, A.A; PIARSA, I Nyoman; WIRA BUANA, Putu. Sistem Informasi Geografis Pemetaan Jaringan Pipa PDAM Tirta Mangutama. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], jan. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17894>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.