Pengolahan Citra Digital Deteksi Tepi Untuk Membandingkan Metode Sobel, Robert dan Canny

  • Putu Teguh Krisna Putra Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Ni Kadek Ayu Wirdiani Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Pengolahan citra digital merupakan teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan kualitas citra dan proses identifikasi citra untuk memperkaya informasi yang bersumber pada citra tersebut. Penulisan ini bertujuan untuk membandingkan metode deteksi tepi pada pengolahan citra digital. Deteksi tepi merupakan sebuah proses di mana proses tersebut berfungsi untukmendeteksi garis tepi yang membatasi dua wilayah citra. Deteksi tepiitu sendiri bertujuan untuk menandai bagian yang menjadi detail citra, dan memperbaikiserta mengubah citra. Penulisan ini membahas tentang perbandingan hasil deteksi tepi dengan metode Canny, Sobel dan Robert dengan menggunakan aplikasi Delphi 7. Perangkat lunak yang digunakan adalah Borland Delphi 7Enterprise sebagai bahasa pemrogramannya. Hasil dari perbandingan ketiga metode tersebut adalah metode Canny lebih baik dalam melakukan pengolahan kualitas citra untuk penghitungan deteksi tepi karena output dari metode Canny memiliki batas dan tepi yang lebih jelas.

 

Kata Kunci: Pengolahan Citra, Deteksi Tepi, Canny, Sobel, Robert, Delphi 7

Published
2016-01-15
How to Cite
TEGUH KRISNA PUTRA, Putu; AYU WIRDIANI, Ni Kadek. Pengolahan Citra Digital Deteksi Tepi Untuk Membandingkan Metode Sobel, Robert dan Canny. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], jan. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17893>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.