Balinese Alphabet Sebagai Aplikasi Media Pembelajaran Aksara Bali Berbasis Android Mobile Platform

  • Putu Ary Setiyawan Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • A. A. Kt. Agung Cahyawan W. Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Putu Agung Bayupati Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Aksara Bali menjadi salah satu kekayaan budaya Bali yang hampir punah walaupun sebagaian besar insitusi pendidikan di Bali telah melakukan pembelajaran Aksara Bali tersebut. Metode pengajaran dapat menjadi salah satu faktor terhadap ketidaktertarikan siswa khususnya anak-anak akan Aksara Bali apabila penyampaian yang diberikan kurang. Media pembelajaran Aksara Balimenjadi solusi yang dikemas berbentuk sebuah aplikasi yang dapat dipasang/di-install pada gadget yang menggunakan sistem operasi Android. Aplikasi ini berfokuskan pada pembelajaran Aksara Bali (mengenal bentuk, bunyi, tulisan, dan merangkai kata) serta permainan menggunakan Aksara Bali. Aplikasi Balinese Alphabet telah berjalan sukses pada sistem operasi Android dan termasuk dalam kategori baik sesuai pada hasil yang didapat dari hasil survey dengan rincian penilaian tertinggi dari aspek grafis visual dan audio terletak pada kategori baik dengan persentase sejumlah 47%, sedangkan penilaian tertinggi dari aspek entertainment dan pembelajaran terletak pada kategori baik dengan persentase sejumlah 57%.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Budaya Bali, Aksara Bali, Android.

Published
2016-01-15
How to Cite
ARY SETIYAWAN, Putu; KT. AGUNG CAHYAWAN W., A. A.; AGUNG BAYUPATI, I Putu. Balinese Alphabet Sebagai Aplikasi Media Pembelajaran Aksara Bali Berbasis Android Mobile Platform. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], jan. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17890>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.