Aplikasi Game Edukasi Trash Grabber Untuk Mengenal Jenis-Jenis Sampah Pada Smartphone Berbasis Android

  • I Dewa Putu Agus Sudiatmika Jurusan Teknologi Informasi Universitas Udayana
  • A. A. Kt Agung Cahyawan Jurusan Teknologi Informasi Universitas Udayana
  • Putu Wira Buana Jurusan Teknologi Informasi Universitas Udayana

Abstract

Sampah merupakan masalah yang tidak pernah terselesaikan di kota-kota besar, termasuk salah satunya adalah di Indonesia. Penanganan permasalahan sampah dapat dimulai dari ruang lingkup yang paling kecil yaitu lingkungan sekitar. Aplikasi game edukasi untuk mengenal jenis-jenis sampah pada smartphone yang dibuat dengan basis Android sebagai media pembelajaran mengenai jenis-jenis sampah yang ada dilingkungan sekitar yang secara tidak langsung diharapkan dapat menjadi media untuk melatih kemampuan mengenal jenis-jenis sampah sejak usia dini.Game edukasidibuat dengan menggunakan aplikasi Corona SDK dengan menggunakan bahasa pemrograman Lua, dimana Lua memiliki ekstensi data yang ringan dan mudah untuk dioperasikan sehingga sangat cocok untuk digunakan untuk membuat game. Berdasarkan hasil survey terhadap 30 responden, menunjukan aspek grafis visual mendapat penilaian tertinggi dengan kategori sangat baik sebesar 53% serta aspek entertainment dan pembelajaran mendapat penilaian tertinggi dengan kategori baik dengan persentase sebesar 60%.

 

Kata Kunci: Sampah,Game, Edukasi, Android, Corona SDK

Published
2016-01-15
How to Cite
PUTU AGUS SUDIATMIKA, I Dewa; KT AGUNG CAHYAWAN, A. A.; WIRA BUANA, Putu. Aplikasi Game Edukasi Trash Grabber Untuk Mengenal Jenis-Jenis Sampah Pada Smartphone Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], jan. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17889>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.