Aplikasi Front End Monitoring Kendaraan Menggunakan GPS

  • Rocky Oktaviano Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Putu Wira Buana Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Made Sukarsa Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Bali sebagai destinasi pariwisata dan juga daerah industri kecil menengah, menjadikan Bali sebagai daerah dengan mobilitas yang tinggi. Mobilitas yang tinggi tentunya harus ditunjang oleh transportasi yang memadai. Transportasi yang digunakan oleh banyak perusahaan dan penyewaan kendaraan dapat menimbulkan efek negatif dari keberadaan armada kendaraan yang dimiliki penyewaan mobil atau perusahaan. Banyak ditemukan pencurian mobil berkedok penyewaan. Fasilitas transportasi yang disediakan perusahaan juga sering disalahgunakan, digunakan di luar jam kantor atau di luar trek yang ditentukan. Muncullah ide untuk aplikasi pemantauan objek dalam hal ini kendaraan bermotor dengan menggunakan alat GPS yang memiliki beberapa fitur untuk mendukung aktivitas monitoring. Cara kerja aplikasi ini cukup sederhana. Front end akan mengirimkan request ke back end, dilanjutkan dengan back end mengirimkan permintaan lokasi. Setelah SMS lokasi diterima, back end akan memproses informasi dari SMS dan menyimpannya di database. Data yang akan masuk database akan ditampilkan oleh front end dalam bentuk marker.

 

Kata kunci : Transportasi, monitoring, GPS.

Published
2016-01-15
How to Cite
OKTAVIANO, Rocky; WIRA BUANA, Putu; SUKARSA, I Made. Aplikasi Front End Monitoring Kendaraan Menggunakan GPS. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], jan. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17886>. Date accessed: 08 july 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.