Audit Keamanan SIMAK Berdasarkan ISO 27002 (Studi Kasus: FE UNUD)

  • Yulius C. N. Bless Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Gusti Made Arya Sasmita Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • A. A. Kt. Agung Cahyawan Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Keamanan sistem informasi merupakan sebuah bagian vital yang menjadi perhatian khusus bagi setiap orang yang aktif menggunakan teknologi internet sebagai alat komunikasi dan informasi. Institusi pendidikan seperti universitas, yang menggunakan sistem informasi sebagai salah satu cara dalam manajemen informasi terkait administrasi pegawai dan mahasiswa, maupun informasi lainnya guna menunjang proses pengambilan keputusan. Sistem Informasi Manajemen Akademik (SIMAK) di Fakultas Ekonomi Universitas Udayana berfungsi untuk manajemen data akademik mahasiswa. Informasi yang diolah dalam SIMAK haruslah memenuhi CIA (Confidentiality, Integrity, dan Availability). Audit dilakukan agar dapat diketahui tingkat kematangan sistem informasi saat ini. Standar dalam proses audit SIMAK menggunakan ISO/IEC 27002:2005 dan COBIT 4.1 untuk proses pemetaan dan penyusunan rekomendasi. Tingkat kematangan SIMAK saat ini adalah 3 atau Well Defined. Secara umum, tingkat kematangan ini dimaksudkan bahwa sudah terdapat prosedur yang standar dan telah didefinisikan secara baik, namun pelaksanaannya masih belum dilakukan secara rutin dan terstruktur.

 

Kata kunci: audit, COBIT 4.1, ISO/IEC 27002:2005, tingkat kematangan.

Published
2016-01-15
How to Cite
C. N. BLESS, Yulius; MADE ARYA SASMITA, Gusti; KT. AGUNG CAHYAWAN, A. A.. Audit Keamanan SIMAK Berdasarkan ISO 27002 (Studi Kasus: FE UNUD). Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], jan. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17880>. Date accessed: 03 apr. 2020.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.