Game Edukasi Banten Pejati Pada Smartphone Berbasis Android

  • Ida Ayu Wahyu Kumara Putri Jurusan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Udayana
  • A.A. Kompiang Oka Sudana Jurusan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Udayana
  • Ni Made Ika Marini Mandenni Jurusan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Udayana

Abstract

Game Edukasi Banten Pejati merupakan suatu game edukasi yang dibuat untuk memperkenalkan Banten Pejati pada umat Hindu, khususnya anak-anak. Game Banten Pejati menampilkan berbagai macam banten sebagai penyusun Banten Pejati yang digunakan pada setiap pelaksanaan upacara keagamaan oleh umat Hindu. Banten merupakan sarane persembahan Umat Hindu, Banten Pejati merupakan banten pokok dalam suatu upacara keagamaan sebagai simbol kesungguhan. Game Edukasi Banten Pejati berbasis mobile android dibuat dengan menggunakan aplikasi Corona SDK. Data hasil kuesioner menyatakan 63.33 persen responden dengan rentang usia 10 hingga 22 tahun menyatakan bahwa Game Edukasi Banten Pejati memiliki grafis visual yang baik dan 70 persen responden menyatakan Game Banten Pejati baik digunakan sebagai media hiburan dan media pembelajaran.

 

Kata Kunci: Game edukasi, Banten Pejati, Android, Corona SDK, Lua

Published
2016-01-15
How to Cite
AYU WAHYU KUMARA PUTRI, Ida; KOMPIANG OKA SUDANA, A.A.; IKA MARINI MANDENNI, Ni Made. Game Edukasi Banten Pejati Pada Smartphone Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], jan. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17879>. Date accessed: 16 dec. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.