Sistem Informasi Geografis Pemetaan Drainase Berbasis Web di Wilayah Abianbase Kabupaten Badung

  • Erha Syaifuddin Hassant’R Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Nyoman Piarsa Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Putu Agung Bayupati Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Banjir dan saluran drainase yang tersumbat banyak sekali kita temui di jalan. Pengelolaan saluran drainase yang kurang baik dan kurangnya perawatan berkala satu penyebab hal tersebut. Pengelolaan saluran yang baik dan penanganan terhadap saluran tersumbat atau rusak mutlak diperlukan untuk memperbaiki sistem yang salah. Dinas Bina Marga sebagai dinas yang bertugas untuk mengerjakannya perlu untuk memiliki sistem yang terpadu dan terintegrasi dengan baik untuk mengelola saluran drainase tersebut. SIG pemetaan drainase berfungsi memudahkan mendata, mengelola, dan melakukan manajemen saluran drainase dengan baik. Masyarakat umum juga dapat mengetahui sistem saluran drainase di wilayahnya dengan akses mudah berbasis web. SIG Pemetaan Drainase disajikan dengan tampilan web berbasis Google Maps Api. Output program adalah berupa hasil pemetaan saluran drainase dan titik kerusakan. Sistem dapat bekerja baik dan mampu menunjukkan hasil yang memang diperlukan oleh user seperti tipe saluran drainase, panjang dan atribut lainnya yang dan juga dengan pemetaan titik kerusakan/tersumbat dari saluran yang ada.

 

Kata Kunci : Sistem Informasi Geografis, Drainase, Google Maps

Published
2016-01-15
How to Cite
SYAIFUDDIN HASSANT’R, Erha; PIARSA, I Nyoman; AGUNG BAYUPATI, I Putu. Sistem Informasi Geografis Pemetaan Drainase Berbasis Web di Wilayah Abianbase Kabupaten Badung. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], jan. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17877>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.